Terima Label Brutal

Tanya Plibersek
0 10
Tanya Plibersek
Perempuan kelahiran 2 Desember 1969 ini adalah seorang politikus Australia yang telah menjadi anggota Dewan Perwakilan sejak 1998, mewakili Partai Buruh. Tanya Plibersek telah menjadi wakil ketua partai sejak 2013, dan menjabat sebagai menteri di Pemerintahan Rudd dan Gillard.

Plibersek lahir di Sydney dari orang tua imigran Slovenia. Dia memiliki gelar dari University of Technology Sydney dan Macquarie University, dan sebelum memasuki parlemen bekerja sebagai staf Senator Bruce Childs. Plibersek terpilih ke Divisi Sydney pada pemilihan federal 1998, berusia 28 tahun.

Dia ditambahkan ke Kabinet Bayangan pada tahun 2004, dan ketika Partai Buruh memenangkan pemilihan tahun 2007 diangkat menjadi Menteri Perumahan dan Menteri untuk Status Perempuan. Dalam reshuffle kabinet pada 2010, Plibersek malah diangkat menjadi Menteri Pelayanan Manusia dan Menteri Inklusi Sosial.

Dia dipromosikan menjadi Menteri Kesehatan pada tahun berikutnya, dan memegang posisi itu sampai kekalahan Partai Buruh pada pemilihan 2013. Plibersek terpilih sebagai wakil pemimpin untuk Bill Shorten pada masa pasca pemilihan. Dia adalah anggota faksi Buruh Kiri

Plibersek lahir di Sydney, anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari Joseph dan Rose Plibersek. Kakak tertuanya Ray adalah seorang pengacara, dan saudara laki-lakinya yang lain Phillip (1997) adalah seorang ahli geologi.

Saat ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan di Kementerian Gillard jilid kedua ada sejumlah kontroversi. Sebagai Menteri Kesehatan, Plibersek menyetujui daftar obat aborsi RU-486 tentang Skema Manfaat Farmasi.

Plibersek menggambarkan penyediaan obat sebagai “hal yang baik dalam situasi di mana perempuan dihadapkan dengan salah satu keputusan paling sulit yang akan mereka buat”.

Kelompok anti-aborsi mengkritik langkah tersebut, dengan satu orang kampanye, Margaret Tighe, melabelinya sebagai “penyalahgunaan kekuasaan yang brutal.” Para komentator lainnya, termasuk Clementine Ford, melabeli keputusan “progresif”.

Plibersek sendiri juga berkampanye untuk penghapusan dari undang-undang federal diskriminasi terhadap pasangan yang sama-jenis kelamin de facto, mengangkat masalah secara resmi di Parlemen pada berbagai kesempatan. Pada tanggal 25 Juli 2004, Plibersek dengan keras dicela oleh demonstrasi anti-homofobia karena masalah ini.

Meski demikian, Plibersek menentang invasi 2003 ke Irak. “Saya tidak mendukung serangan terhadap Irak. Saya terutama tidak mendukung serangan pertama pre-emptive. Saya juga tidak mendukung tindakan apa pun yang dilakukan,” tukasnya. (itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.