Berani Muncul Terbuka

Taylor Swift
0 10
Taylor Swift
Penyanyi kondang Taylor Swift memecah keheningan politik untuk mendukung Demokrat dalam ujian tengah semester AS beberapa waktu lalu.

Saat itu, dalam akun Instagramnya, dia memposting banyak hal tentang sikap politiknya dalam pemilihan di Tennessee. Perempuan kelahiran 13 Desember 1989 ini sebelumnya terkenal diam tentang isu-isu politik di masa lalu, bahkan diam tentang pilihannya calon presiden pada tahun 2016 silam.

“Karena beberapa peristiwa dalam hidup saya dan di dunia dalam dua tahun terakhir, saya merasa sangat berbeda tentang itu sekarang,” katanya menguraikan.

“Saya tidak dapat memilih seseorang yang tidak akan mau berjuang untuk harga diri bagi semua orang Amerika, tidak peduli warna kulit mereka, jenis kelamin atau siapa yang mereka cintai,” tulisnya dalam dukungan politiknya pada Oktober lalu.

“Seperti yang saya lakukan di masa lalu dan ingin terus memilih wanita di kantor, saya tidak dapat mendukung Marsha Blackburn,” tulis Swift, yang telah mengundang kritik karena menjadi satu-satunya bintang pop yang tidak pernah muncul secara terbuka menentang Trump.

Tentu saja, keputusan Swift untuk membuka dan mendorong pengikut dan penggemarnya untuk “memilih berdasarkan siapa yang paling dekat mewakili nilai-nilai Anda” menciptakan perdebatan. Ada yang dengan cepat mengucapkan selamat Swift atas keterlibatan barunya itu, namun adapula yang mengecam.

Pemilik nama lengkap Taylor Alison Swift ini sebelumnya telah menjadi suara penting dalam gerakan untuk melindungi korban kekerasan seksual.
Persinggungannya dalam dunia politik sedianya sudah terlihat sejak 2008 silam. saat itu selama kampanye kepresidenan 2008, Swift mempromosikan kampanye Every Woman Counts, yang bertujuan untuk melibatkan perempuan dalam proses politik, dan merupakan salah satu dari banyak bintang negara untuk merekam PSA untuk kampanye Vote (Untuk Anda) Country.

Dia menyatakan: “Saya tidak berpikir itu adalah tugas saya untuk mencoba dan mempengaruhi orang dengan cara mana mereka harus memilih,” kata pelantun lagu “You Belong with Me” ini.

Setelah pelantikan Barack Obama, dia mengatakan kepada Rolling Stone bahwa dia mendukung presiden: “Saya belum pernah melihat negara ini. sangat senang tentang keputusan politik di sepanjang hidup saya. Saya sangat senang ini adalah pemilihan pertama saya,” sebutnya.

Dukungan politik darinya akhirnya kembali terlihat sebelum pemilihan paruh waktu 2018. Swift mendukung kandidat untuk jabatan publik untuk pertama kalinya, menyatakan dukungannya untuk dua kandidat Demokrat, yakni Anggota Kongres Jim Cooper untuk terpilih kembali ke Dewan Perwakilan, dan mantan Gubernur Tennessee Phil Bredesen untuk pemilihan Senat.

Vote.org, yang disebutkan dalam posting Swift, melaporkan bahwa 65.000 orang terdaftar untuk memilih dalam 24 jam setelah posting Swift. Sebuah lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya.(itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.