Lengser dengan Segelas Anggur

0 994


Perempuan kelahiran 21 Januari 1987 ini adalah seorang politisi Swedia kelahiran Bosnia dan anggota Sosial Demokrat. Dia menjabat sebagai Menteri Sekolah Menengah Atas, Pendidikan dan Pelatihan Orang Dewasa dari 3 Oktober 2014 hingga 15 Agustus 2016.

Hadzialic lahir di Bosnia dan berimigrasi ke Swedia pada usia lima tahun, pada tahun 1992, dengan orang tuanya melarikan diri dari perang di Balkan. Dia terlibat dalam gerakan pemuda Sosial Demokrat di sekolah menengah dan kemudian terpilih sebagai anggota dewan kota pada usia 23 tahun. Kemudian pada tahun 2014 di 27 dia menjadi menteri pemerintah termuda dalam sejarah Swedia.

Dia mengundurkan diri dari posisinya sebagai menteri pada 13 Agustus 2016 setelah tertangkap mengemudi di atas ambang batas alkohol yang diizinkan saat berada di Lernacken, jembatan Swedia.
Hasil tes menunjukkan dia memiliki tingkat alkohol 0,2 gram per liter darah hanya tingkat yang dianggap pelanggaran di Swedia.

“Itu adalah kesalahan terbesar dalam hidup saya, saya akan bertanggung jawab. Saya mengumumkan niat saya untuk mengundurkan diri dari jabatan menteri saya,” kata Hadzialic.

Dia mengatakan telah minum segelas anggur bersoda dan segelas anggur merah dalam suatu acara malam di Kopenhagen, Denmark. Dia lalu berangkat ke Malmo, di selatan Swedia, empat jam kemudian.
Hadzialic mengatakan dia semula menyangka bahwa setelah empat jam, sistem dalam tubuhnya sudah bisa menetralisasi alkohol yang diminumnya.

Tentang keputusannya untuk mundur, politisi Demokrat Sosial itu mengatakan kepada wartawan: “Saya memilih untuk melakukan ini karena saya percaya apa yang saya lakukan adalah kesalahan serius.”

Swedia adalah salah satu dari sejumlah negara yang menetapkan batas alkohol sangat rendah untuk mengemudi. Inggris (kecuali Skotlandia) dan Malta, serta Amerika Serikat menetapkan batas alkohol 0,8 gram per liter darah.

Sebagian besar negara Eropa seperti Jerman, Prancis, Spanyol, Italia -juga Skotlandia:Swedia, Polandia, Estonia, Siprus: 0.2. Ceko, Hungaria, Romania, Slovakia – tak mengizinkan ada alkohol sama sekali untuk pengemudi.(itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.