Bikin Heboh Tumbangkan Petahana

0 5


Alexandria Ocasio-Cortez lahir 13 Oktober 1989. Perempuan ini adalah seorang politikus dan pendidik Amerika. Dia adalah Wakil Khusus AS untuk distrik kongres ke-14 New York, yang dipilih pada 6 November 2018.

Pada 26 Juni 2018, Ocasio-Cortez memenangkan primary Demokratik di distrik kongres ke-14 New York yang meliputi bagian Bronx dan Queens di New York City. Cortez mengalahkan anggota Kongres yang sedang menjabat, Ketua Kaukus Demokrat Joe Crowley.

Kemenangannya juga sangat mengejutkan karena ia melebihi 18-1. Oleh beberapa media, hal ini digambarkan sebagai gangguan terbesar kemenangan dalam pemilihan pendahuluan pemilihan tengah tahun 2018. Ketika dia mulai menjabat pada 3 Januari 2019 mendatang, Ocasio-Cortez akan menjadi wanita termuda yang melayani di Kongres dalam sejarah Amerika Serikat.

Ocasio-Cortez adalah orang pertama sejak 2004 yang menantang Ketua Kaukus Demokrat, Joe Crowley, di primary Demokrat. Kampanye Ocasio-Cortez menghabiskan USD194.000.

Ocasio-Cortez sebelumnya tidak pernah memegang jabatan terpilih, Karena itu dalam video kampanyenya dimulai dengan dia mengatakan “Wanita seperti saya tidak seharusnya mencalonkan diri untuk jabatan.”
Hanya saja Ocasio-Cortez didukung oleh organisasi hak-hak sipil dan progresif seperti MoveOn, Partai Keadilan Demokrat, Kongres Baru Merek, Black Lives Matter, dan Democracy for America.Tak heran, saat pemilihan berlangsung Cortez meraih 57,13% suara (15.897) unggul dari sang petahana Joe Crowley 42,5% (11.761). Merriam-Webster melaporkan bahwa pencarian kata “sosialisme” melonjak 1.500% setelah kemenangannya.

Selama kuliah, dia bekerja magang di kantor imigrasi Senator AS Ted Kennedy. Dia lulus cum laude dari College of Arts and Sciences di Boston University pada tahun 2011 dengan gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan hubungan internasional

Setelah kuliah, Ocasio-Cortez pindah kembali ke Bronx, sementara dia bekerja sebagai bartender di Manhattan dan sebagai pelayan di taqueria. Sementara ibunya, membersihkan rumah dan mengemudikan bus sekolah. Setelah kematian ayahnya, Ocasio-Cortez dan ibunya berjuang untuk melawan penyitaan rumah mereka.

Dengan dukungan keuangan dari Sunshine Bronx Business Incubator, ia mendirikan sebuah perusahaan penerbitan, Brook Avenue Press, yang mengkhususkan diri dalam literatur anak-anak yang menggambarkan Bronx dalam cahaya yang positif.

Pada tahun 2016 primer, Ocasio-Cortez bekerja sebagai penyelenggara untuk kampanye presiden 2016 Bernie Sanders. Setelah pemilihan umum, ia melakukan perjalanan melintasi Amerika dengan mobil, mengunjungi tempat-tempat seperti Flint, Michigan, dan Standing Rock, dan berbicara kepada orang-orang yang terkena dampak pelanggaran hak asasi manusia terkait dengan krisis air Flint dan Dakota Access Pipeline.

Dalam sebuah wawancara dia mengingat kunjungannya ke Standing Rock sebagai titik kritis, mengatakan bahwa sebelum itu, dia merasa bahwa satu-satunya cara untuk menjalankan kantor dengan efektif adalah jika Anda memiliki akses ke kekayaan, pengaruh sosial, dan kekuasaan.

Tetapi kunjungannya ke North Dakota, di mana dia melihat orang lain “menempatkan seluruh hidup mereka dan semua yang mereka miliki di garis depan untuk perlindungan komunitas mereka”, menginspirasi dia untuk mulai bekerja untuk komunitasnya sendiri.(itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.