Bupati-DPRD ACC Pemekaran. Bagaimana Pusat?

0 5


Brebes, Memo Jateng – Pemekaran Brebes Selatan akhirnya mulai mengerucut. Hal itu terungkap dalam Sidang Paripurna DPRD, Senin 5 November 2018. Bupati dan DPRD Brebes akhirnya menyetujui pemekaran tersebut.

Enam wilayah kecamatan di Kabupaten Brebes selatan mekar sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Di antaranya, Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Paguyangan, dan Kecamatan Sirampog.

Daerah otonom baru itu, telah ditetapkan bernama Kabupaten Brebes selatan dengan ibukota Kabupaten di Kecamatan Bumiayu. Usai disetujui, Ketua DPRD Kabupaten Brebes Ilia Amin melakukan penandatangan dokumen pemekaran Kabupaten Brebes.

Selanjutnya berkas diserahkan ke Wakil Bupati Brebes, Narjo, yang hadir mewakili Bupati Brebes Idza Priyanti untuk ditindak lanjuti. “Jadi hari ini Bupati dan DPRD telah merespon keinginan lama yang luhur masyarakat Brebes Selatan untuk memenuhi PP 78 tentang persyaratan pembentukan DOB,” ujarnya.

Usai persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD, kata dia, selanjutnya akan diserahkan dan disampaikan ke Gubernur. Tidak hanya sampai di situ, keputusan apakah pemekaran ditetapkan atau tidak tergantung pemerintah pusat. “Jadi tahapanya hasil persetujuan bersma ini disampaikan ke Gubernur untuk kemudian diparipurnakan di DPRD Provinsi sebelum akhirnya disampaikan ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri 32 anggota DPRD Brebes itu, menyatakan seluruh fraksi dalam pandangan umumnya juga menyetujui adanya pemekaran wilayah yang bernama Kabupaten Brebes Selatan. (bes/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.