Ini Tahapan Pencarian Data di Black Box

0 1


Jakarta, Memo Jateng – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengamankan Flight Data Recorder (FDR) yang merupakan bagian black box Lion Air JT-610 yang jatuh di Perairan Ujung Karawang. Saat ini FDR sedang dikeringkan dan memasuki tahap recovery untuk diunduh datanya.

Flight Data Recorder pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 berhasil ditemukan pada Kamis (1/11) lalu. Setelah ditemukan, FDR tengah diteliti oleh KNKT bersama National Transportation Safety Board (NTSB) dari Amerika Serikat dan Transport Safety Investigation Bureau (TSIB) dari Singapura.

Penelitian dilakukan untuk memastikan Crash Surviveable Memory Unit (CSMU) merupakan bagian dari FDR milik Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Ujung Karawang, Jawa Barat. Setelah FDR ditemukan, kini tim SAR fokus mencari cockpit video recorder (CVR).

Investigator Penerbangan KNKT Ony Soerjowibowo mengatakan, proses pengeringan FDR paling cepat memakan waktu 2×24 jam. Menurutnya, FDR tersebut sudah dicuci dengan air tawar.

“Jadi saat ini proses pengeringan harusnya memakan waktu kurang lebih 2×24 jam. Tapi kita coba lebih cepat. Mudah-mudahan bisa cepat kering karena kita pengeringannya menggunakan alat,” ujarnya, Jumat (2/11).

Seusai proses pengeringan dan recovery, lanjut Ony, tahap selanjutnya adalah mengunduh data. Proses unduh data FDR diakui membutuhkan waktu sekitar dua jam.

“Untuk recovery setelah tercempung ke air maka kita lakukan treatment supaya alat-alat elektronik yang ada dalam memori itu bersih dan bisa didownload,” terangnya.(nas/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.