Ibu Hamil Haruskah Sering Minum Air Kelapa Muda?

0 20


Air kelapa muda dikenal baik bagi kesehatan karena banyak mengandung elektrolit dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Rasanya yang khas dan segar membuat air kelapa muda sangat enak dinikmati ketika cuaca sedang panas. Seteguk air kelapa muda dapat mengurangi rasa haus dan membuat tubuh segar kembali.

Air kelapa muda dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Selain mengandung kadar elektrolit yang tinggi, air kelapa muda juga mengandung kalium, klorida, dan magnesium yang tinggi dan mengandung kalori, natrium, dan protein dalam kadar rendah. Air kelapa muda juga diperkaya dengan serat serta vitamin dan mineral, seperti mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C.


Kandungan elektrolit dan nutrisi yang kaya dalam air kelapa muda membantu memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Air kelapa muda dipercaya memberikan banyak manfaat kepada ibu hamil, di antaranya, yaitu:

Mencegah Dehidrasi
Air kelapa muda dapat mencegah dehidrasi serta dapat mengurangi lelah dan lemas. Hal ini dilakukan air kelapa muda dengan menggantikan kadar elektrolit yang hilang pada tubuh karena berkeringat. Keseimbangan elektrolit pada air kelapa muda sama dengan yang ditemukan dalam tubuh. Namun, air putih tetap yang paling baik untuk menghidrasi tubuh.


Membantu Ringankan Sembelit

Ibu hamil biasanya mengalami masalah sembelit. Air kelapa muda mengandung serat yang dapat membantu meringankan konstipasi pada ibu hamil. Selain itu juga berguna untuk mengurangi morning sickness alias mual-mual dan muntah pada ibu hamil. Air kelapa muda dapat membantu menjaga kadar pH dalam tubuh, sehingga dapat mengatur keasaman dalam lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme.

Membantu mencegah infeksi saluran kemih
Air kelapa muda dipercaya dapat mencegah infeksi pada saluran kemih, tetapi penelitian diperlukan untuk membuktikan hal ini. Dikatakan demikian karena air kelapa muda dapat membantu membersihkan saluran kemih dan kandung kemih. Selain itu, air kelapa muda juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam air kelapa muda mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan, serta vitamin dan mineral dalam air kelapa muda, membuat air kelapa muda dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai macam penyakit. Kandungan tinggi asam laurat dalam air kelapa muda juga menghasilkan monolaurin (yang merupakan antivirus dan antibakteri) dalam tubuh. Kandungan asam laurat ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit. Selain di air kelapa muda, kandungan asam laurat juga ditemukan di minyak kelapa.

Minuman Olahraga yang Baik
Olahraga disarankan untuk ibu hamil agar tetap bugar dan untuk memperkuat dasar panggul. Setelah berolahraga, minum air kelapa muda merupakan pilihan yang tepat karena air kelapa muda membantu menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat saat berolahraga.

Tidak Menyumbang Banyak kalori
Air kelapa muda mengandung sedikit kalori dan bebas lemak sehingga dapat membantu menjaga berat badan ibu hamil. Air kelapa muda menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil yang sedang ingin minum-minuman segar dibandingkan dengan minuman teh dalam kemasan, kopi, maupun minuman soda.

Membantu Kontrol Gula Darah-Sirkulasi darah
Vitamin C, protein, magnesium, dan kalium membuat kadar antioksidan tinggi dalam tubuh sehingga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol baik dalam tubuh dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol gula darah. (hel/dik)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.